twitter
rss



Setiap orang pasti mengiginkan suatu kebaikan yang akan diperolehnya. Pada setiap ranah perjalanan estafeta kehidupannya ingin selalu memberikan mamfaat baik terhadap dirinya dalam hal apapun, ataupun terhadap orang-orang yang di sekitarnya. Hal ini memantik pergolakan yang ingin penulis paparkan dalam tulisan ini. Pada awalnya mungkin kita bertanya-tanya tentang “apakah keistimewaan angka cantik 11-11-2011”?. Dari pertanyan ini kita dapat sosialisasikan terhadap teropong realita kehidupan pada zaman sekarang ini. Yang mana banyak orang mengiginkan seuatu perbedaan daripada yang lain. Hal ini di tunjukkan pada ketepatan angka cantik yang mereka yakini. Hal ini merupakan suatu kelangkaan ataupun sebagai keajaiban yang sedikit sekali orang bisa mencicipinya, dapat merasakan, ataupun memahami pesan relijius yang terkandung didalamnya.
Benar-benar momen yang sangat berharga pada angka tersebut. karena realita pada tahun membuktikan tentang kuatnya atmosfir gairah minat serta keinginan yang di inginkan oleh masyarakat luas. Berkat keinginan tersebut, hal yang paling penulis pandang heboh adalah waktu (nazar) ataupun keinginan memiliki anak yang  yang lahir pada angka cantik tersebut. banyak orang berlomba-lomba melahirkan anaknya pada angka tersebut, walaupun kebanyakan dari mereka melakuka oprasi Caesar agar bisa memamfaatkan momen yang di anggap langka tersebut. Akan tetapi, tidak bagi pasangan suami istri (pasutri), Ruddin dan Hosiah. Keduanya merupakan salah satu pasangan suami istri (pasutri) yang dikaruniai buah hati pada angka cantik dan unik yaitu 11-11-2011, bahkan lahir pada jam 11.00. Hal ini merupakan diluar dugaan kedua insan yang sedang berbahagia tersebut. Karena sebelumnya mereka mengira buah hatinya akan lahir pada tanggal 10 Nevember. Dan yang  paling mengangumkan bagi bayi dengan berat 3,8 kilo gram ini lahir dengan normal tanpa melalui prosses Caesar ataupun lain sebagainya (12/11/2011).
Referesentasi pergolakan kehidupan yang semakin melonjak  pada zaman sekarang  ini memang benar-benar memicingkan mata kita. Karena kenapa?, banyaknya orang-orang dari hari kehari mulai bisa mengembangkan kehidupanya terutama yang bersifat material (ad-dunyawiyah). Hal ini merupakan sebuah kebiasaan yang bersifat alamiyah, disamping perkembangan tehnologi yang semakin canggih, banyak orang-orang yang memiliki pengaruh besar juga bisa menumbuhkan gairah persaingan dan perkembangan dirinya dan juga etos kerja yang sedang ditekuninya. Samapai-sampai banyak orang yang mulai mengabaikan sesuatu yang tidak tanpak di hadapan mata kita. Setiap sesuatu memang memiliki mamfaat yang tersendiri bagi kehidupan manusia dan juga ada bermacam-macam cara hidup manusia yang mengikuti pola pikirnya masing-masing agar bisa memenuhi hasrat dalam segala urusan.
Paradigma masyarakat terhadap angka cantik tersebut sangat kuat tertanam dalah ranah kehidupanya. Sehingga banyak cara terutama dalam melahirkan buah hatinya agar bisa hadir di hari angka cantik tersebut. Di Surabaya kota pahlawan tercatat ada 86 bayai yang lahir di angka cantik tersebut. hal ini mendorong hasrat yang membuncah bagi para ibu-ibu agar bisa melakukan persalinan bagi anaknya pada angkka cantik. Keinginan tersebut bukan hanya terlahir begitu saja, tidak lain kalau bukan sebuah momen yang begitu berharga. Sebagaiman pemberitahuan di Koran-koran dan juga di cenel telivisi, anak yang lahir pada hari angka cantik tersebut memperoleh kebebasan persalinan dan juga semua administrasinya di tanggung oleh pihak rumah sakit terkait. Tentu, kesempatan tersebut tidak akan datang dua kali. Dengan begitu banyak dari para ibu bayi yang lahir pada hari angka cantik, tergurat di wajahnya rasa senang dan juga anaknya seakan akan menorehkan sejarah. Barang tentu berbagai kegiatan yang di lakukan oleh para ibu guna merayakan kehadiran sang buah hatinya. Bukan hanya masalah kelahiran sang buah hati yang dinantikan pada momen ini, dan juga banyak orang yang melang sungkan pertunangan, bahkan menuju jenjang pernikahan sekalipun.
Kalau kita tilik pada kehidupan terdahulu akan lahirnya sang buah hati di hari angka cantik. Rasulullah Saw merupakan tauladan yang patut kita tiru dan kita teladani keagungan-Nya serta kemuliaannya. Beliau (Rasulullah Saw) lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal dan juga wafat pada tanggal dan tahun yang sama. Hal ini menggambarkan kalau Rasulullah Saw merupakan  makhluk Allah yang terpilih. Dengan hal itu, pada tahun ini juga merupakan sebuah fenomena langka akan kehadiran sang buah hati pada hari angka cantik seperti tauladan dan junjugan kita Nabiyullah Al-Amin Nabi Besar Muhammad Saw.
            Pesan tersirat dalam angka cantik ini kalau kita hanya memandang dari sisi lahiriyahnya saja, tentu kurang mengandung sebuah makna yang mendalam. Karena kita hanya bisa menikmatinya dalam waktu yang sangat singkat dan nanti pada akhirnya akan mendatangkan sebuah kebosanan tersendiri bagi yang mengalaminya. Akan tetapi, bilamana kita bisa menyirat pesan yang terkandung dalam angka cantik ini dari sisi ukhrawiyahnya tentu akan menumbuhkan sebuah daya frekuensi atmosfir yang alami dan memiliki makna yang mendalam. Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda, yang artinya “sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai sesuatu yang ganjil” (Al-hadits). Dari arti hadits diatas dapatlah kita mengambil sebuah kesimpulan bahwa Allah Swt menyukai dan menyenangi sesuatu yang ganjil. Ganjil disini bukan berarti sesuatu yang melenceng dari syari’at Islam. Tentulah ganjil ganjil yang di maksud di sini dalah sesuatu yang benar-benar tergaris dalam Syari’at agama Islam.
            Memahami makna dalam mengintegrasikan antara angka cantik 11-11-2011 dengan sesuatu yang ganjil sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Saw sangatlah relafan. Hanya saja tergantung orang yang memaknainya dan bagaimana dia menyikapi fenomena langka tersebut. perspektif seseorang terhadap sesuatu berbeda-beda, dan hal itu merupakan suatu hal yang wajar. Karena setiap kepala memiliki pendapat masing-masing. Hal itu banyak mengacu pada kepribadian individunya masing-masing.
            Berbicara hari tanggal 11 walaupun tidak dengan bulan dan tahun yang sama, seakan-akan mengingatkan kita pada masa lalu. Pada masa Islam pasca tragedi 11 september 2001. Tragedi 11 september 2001 menjadi titik yang menentukan dalam sejarah Islam polotik dan sejarah dunia, menandai besar kemungkianan kaum ekstrimis muslim maupun ancaman global, khususnya, daya tarik ancaman Osama bin laden dan al-Qaeda. Tragedi ini sekan akan menyiratkan memory yang kelam pernah bergulir. Dengan itu kita yang menggebu-gebukan pesan relijius angka 11-11-2011 serasa begitu menyimpan banyak misteri yang terpendam.
            Kalangan masyarakat begitu menantikan momen angka cantik tersebut. Di Madura khususnya di Kabupaten Sumenep tepat di dalam kraton Sumenep yang di dalamnya memiliki taman dengan nama “Taman sare”, pada hari angka cantik tesebut banyak orang yang berkunjung ke kraton Sumenep dan melakukan terapi berupa mencuci muka atau yang lainya di taman tersebut dengan berdasarekan paradigma masyarakat tentang taman tersebut bahwa air yang ada kalau di pergunakan untuk mencuci muka, maka orangnya akan awet muda. Sebagaimana di lontarkan oleh salah seorang pengunjung bernama Susmiati berasala dari kota malang “saya jauh-jauh datang ke taman sare ini hanya untuk mencuci muka, konon katanya akan membuat awet muda bagi yang melakukannya”. Hal inilah yang menjadi acuan masyarakat luas akan pesan religius angka cantik 11-11-2011. Wallaahu A’lam bis Shawab.
            

0 komentar:

Posting Komentar